BAB 1
A. Sejarah
SI/TI
Sistem Informasi merupakan sekumpulan perangkat keras, perangkat lunak,
brainware, prosedur dan aturan yang di organisasikan secara integral untuk
mengolah data menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk memecahkan dan
mengambil keputusan.
Sejarah dan Perkembangan Sistem Informasi dari masa ke masa di kelompokan
jadi 5 kurun waktu(Generasi):
- Generasi Pertama(1945-1955)
Generasi awal ini adalah asal perkembangan system komputasi elektronik, dan
sudah mengganti gagasan mesin komputasi mekanis. Didalam kehidupan manusia
sangat perlu adanya perangkat komputasi agar bisa mengatasi mengatasi
keterbatasannya dalam melakukan komputasi, contohnya yaitu:
- Kecepatan dalam melakukan perhitungan manusia sangat terbatas
- Manusia sangat gampang membuat kesalahan
Dari masalah diatas maka manusia mengupayakan untuk meningkatkan kemapuan
perhitungan sejak awal peradaban manusia.
- Generasi Kedua(1955-1965)
Pada generasi kedua ini sudah mulai mengembangkan teknologi yang namanya
‘Batch Processing System’. Jadi pekerjaan-pekerjaan akan dikumpulkan dalam satu
rangkaian selanjutnya system akan melakukan pengeksekusian secara parallel.
Pada generasi ini juga masih belum ada yang namanya system operasi, namun
beberapa fungsi seperti FMS(Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang
memberikan layanan perangkat keras yang merupakan satu fungsi dari system
operasi modern. Pada tahun 1964, perusahaan IBM merilis computer keluarga yaitu
system/360, dimana computer ini sudah kompatibel dengan dengan hardware yang
merupakan salah satu bagian dari system operasi OS/360.
- Generasi Ketiga(1965-1980)
Perkembangan teknologi khususnya di bidang system informasi sangat pesat,
dengan bukti adanya system operasi bagi pemakai yang sangat interaktif. User
dengan user bisa berinteraksi langsung melalui computer secara online yang
telah dihubungkan ke computer yang lain. Pada generasi ini juga sudah banyak
teknologi yang bisa digunakan, contohnya yaitu:
- Multiuser, artinya adalah bisa digunakan oleh banyak orang. Dengan adanya teknologi ini membuat user lebih mudah untuk berkomunikasi dengan user lain melalui computer.
- Multiprogramming, artinya adalah bisa melakukan banyak program sekaligus pada waktu yang bersamaan. Teknik ini meningkatkan Utility pemroses dengan mengorganisasikan semua tugas, dalam hal ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus di eksekusi.
- Timesharing, artinya adalah merupakan bagian dari multiprogramming dimana tiap pemakai satu terminal atau online.
- Spooling, menciptakan peripheral seakan-akan dapat digunakan bersamaan sekaligus pada satu waktu yang sama, dan bisa diakses secara simultan, yaitu dengan cara mnyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan tersebut system akan langsung menerima dan data disimpan terlebih dahulu didalam memori yang disediakan dan selanjutnya akan dilayani oleh peripheral.
- Generasi Keempat(1980-2000AN)
Pada generasi keempat ini system operasi tidak hanya digunakan untuk satu
metode pengolahan saja namun tetapi telah ditunjukan untuk banyak mode
pengolahgan, contohnya ialah mendukung batch processing, timesharing,
networking dan realtime application. Pada generasi ini juga kenyamanan dalam
mengoperasikan system computer sungguh penting, dan dengan adanya GUI(Graphical
User Interface) juga pada generasi ini telah memberikan user interface yang
sangat nyaman.
- Generasi Kelima(2000AN-Sekarang)
Pada generasi ini munculah computer-komputer modern seperti Laptop atau
Notebook
Source : https://dennyimamazhari.wordpress.com/2016/11/05/sejarah-dan-perkembangan-sistem-informasi/
B. Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang
Sejarah
komputer diawali dengan
penemuan penting dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya
itu, ia dikenal sebagai ilmuwan yang paling berpengaruh dalam perkembangan
komputer. Kemudian, alat hitung tersebut dikembangkan lebih lanjut secara
bertahap hingga kini terciptalah perangkat canggih bernama komputer. Tahapan dalam pengembangan komputer disebut
generasi. Ada lima generasi komputer yang masing-masing memiliki cerita
tersendiri.
Perkembangan sejarah komputer telah mengalami masa-masa sulit. Namun, berkat tangan-tangan andal dari para ilmuwan dan teknisi pada waktu itu, perkembangan dari generasi ke generasi terasa begitu mudah dan terorganisir. Komputer terus dikembangkan dengan menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Hingga kini, beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan.
Perkembangan sejarah komputer telah mengalami masa-masa sulit. Namun, berkat tangan-tangan andal dari para ilmuwan dan teknisi pada waktu itu, perkembangan dari generasi ke generasi terasa begitu mudah dan terorganisir. Komputer terus dikembangkan dengan menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Hingga kini, beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan.
Sejarah Perkembangan Komputer
Inovasi-inovasi cerdas telah ikut
andil dalam perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat. Perkembangan
inovasi komputer tersebut terbagi dalam lima generasi. Berikut adalah ulasan
tentang sejarah
perkembangan komputer dari
awal sampai sekarang, dari generasi ke generasi:
Komputer Generasi Pertama
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.
Komputer Generasi Kedua
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
Komputer Generasi Ketiga
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.
Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.
Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.
C. Perangkat
Komputer
Perangkat
komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian, yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware). Di dalam 2 Perangkat tersebut, masih terdapat
beberapa bagian-bagian. Berikut Penjelasannya :
Perangkat Lunak (Software)
Perangkat
lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital,
termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa
dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer
juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu :
1). Sistem operasi

2). Sistem Aplikasi

Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua
bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau
yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
1). Keyboard

2). Mouse

3). Processor

4). Motherboard

5). RAM

6). CMOS

7). Konektor Casing

8). Monitor

9). Power Supply

10). Harddisk

11). Kipas (Pendingin)

D. Manfaat sistem informasi
Beberapa manfaat atau fungsi
sistem informasi
antara lain adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan
sistem informasi secara kritis.
3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung
sistem informasi.5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem
informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari
sistem informasi dan teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan
pemeliharaan sistem.
8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah
transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah
satu produk atau pelayanan mereka.
9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan
membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
Sistem informasi manajemen kepegawaian merupakan implementasi E-Government dalam pelayanan di bidang kepegawaian secara transparan dan objektif. Sistem ini selain menyajikan informasi yang terkait dengan kepegawaian, khusus untuk meningkatkan pelayanan di bidang mutasi kepegawaian. Sistem informasi manajemen kepegawaian bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Permasalan yang ada diantaranya adalah PNS yang status kepegawaiannya tidak jelas, hal ini menggambarkan buruknya administrasi kepegawaian yang ada, PNS yang sudah pensiun, meninggal atau berhenti data kepegawaiannya tidak diperbaharui. Data PNS tidak up todate, sehingga jumlah PNS tidak diketahui secara pasti, dan data yang ada saling berbeda, pemutakhiran data tidak berjalan sebagaimana mestinya, baik di instansi, maupun Pemerintah Daerah. Tujuan Sistem informasi manajemen kepegawaian di Lingkup Pemerintahan :
Sistem informasi manajemen kepegawaian merupakan implementasi E-Government dalam pelayanan di bidang kepegawaian secara transparan dan objektif. Sistem ini selain menyajikan informasi yang terkait dengan kepegawaian, khusus untuk meningkatkan pelayanan di bidang mutasi kepegawaian. Sistem informasi manajemen kepegawaian bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Permasalan yang ada diantaranya adalah PNS yang status kepegawaiannya tidak jelas, hal ini menggambarkan buruknya administrasi kepegawaian yang ada, PNS yang sudah pensiun, meninggal atau berhenti data kepegawaiannya tidak diperbaharui. Data PNS tidak up todate, sehingga jumlah PNS tidak diketahui secara pasti, dan data yang ada saling berbeda, pemutakhiran data tidak berjalan sebagaimana mestinya, baik di instansi, maupun Pemerintah Daerah. Tujuan Sistem informasi manajemen kepegawaian di Lingkup Pemerintahan :
1. Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan
terintegrasi.
2. Menyediakan Informasi PNS yang akurat untuk keperluan
perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian PNS
3. Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang
kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan
4. Untuk mendukung Sistem Manajemen PNS yang rasional dan pengembangan
SDM di Aparatur Pemerintah
Manfaat Sistem informasi manajemen kepegawaian :
Manfaat Sistem informasi manajemen kepegawaian :
1. Pelacakan informasi data seseorang pegawai akan mudah dan cepat.
2. Pembuatan Laporan dapat mudah dikerjakan.
3. Mengetahui Pegawai yang
akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala
4. Memudahkan suatu
pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian
5. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil
Kepegawaian) yang cepat dan akurat
6. Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai pendidikan
dan kompetensinya 7. Merencanakan Kebutuhan Pegawai (Neraca Kebutuhan
Pegawai )
BAB 2
PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN PERANGKAT KERAS
Software
adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan
teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya
untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara
manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam
jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengertian Software adalah data-data yang terdapat pada sebuah
komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa
Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi
terdapat dalam sebuah komputer.
Sejarah Perangkat Lunak.
Perangkat Lunak
Sebelum Komputer Generasi Pertama
Sistem Kode yang Pertama
·
Bangsa Yunani
menggunakan signal obor untuk mengirimkan berita dan satu kota ke kota yang
lain. Sistem ini disebut dengan polybius telegraph.
·
Ada Augusta
merupakan orang pertama yang menulis perangkat lunak, diterapkan pada Babbage’s
Analytical Engine, merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada
Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan
alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan.
·
1933. Program
mekanik yang pertama
·
1945. Kutu yang
pertama. Bila komputer tidak bekerja atau suatu program mengalami kesalahan,
maka para ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging (mencari
kutu), yang dimaksud adalah mencari sebab kesalahannya
Perangkat Lunak Semasa
Generasi Pertama
Program dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa
sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam machine language
(bahasa mesin) yang disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya
program tersebut sifatnya unik untuk suatu aplikasi tertentu dan bila akan
digunakan untuk aplikasi yang lain, terpaksa harus memprogram sirkuit kembali
atau menulis kembali program di dalam bahasa mesin
Perkembangan Perangakat
Lunak Sitem Operasi
Paket operasi ataupun program yang dibuat dengan
high level language seperti misalnya BASIC, FORTRAN, COBOL, bahasa C dan lain
sebagainya, tidak akan dapat dijalankan kalau tidak ada OS atau Operating
System (Sistem Operasi) yang mendukungnya. Sistem operasi ini yang akan
mengatur semua proses dan sistem komputer. Misalnya program aplikasi yang
dibuat dengan suatu bahasa tinggi tertentu, memerintahkan hasil dicetak di
printer, maka proses yang melakukannya adalah OS yang akan menghubungi printer
untuk mencetak hasil tersebut.
Contohnya:
· 1954. Sistem operasi yang pertama kali. Digunakan
pada komputer IBM 701.
·
1960. Sistem operasi untuk komputer mini yang
pertama kali. OS/360 digunakan untuk semua seri komputer IBM System 360.
· 1969. UNIX. Dibuat oleh Ken Thompson dan diterapkan
pada komputer PDP-7. Tahun 1975 UNIX ditulis ulang dengan bahasa C.
· 1970. CP/M(Control Program/Microprocessor).
Merupakan OS untuk komputer mikro 8-bit yang mempergunakan microprocessor Z-80
atau Intel 8080. Versi lain: IBM PC DOS.
-
MS DOS dipergunakan di komputer mikro yang menggunakan microprocessor.
· 1987: IBM Operating System/2. Dengan microprocessor
80386 dan 80386, OS/2 dapat mengamati memori di atas batas 640 KB yang tidak
dapat dilakukan IBM PC DOS.
· Kelebihan OS/2:
- Dapat mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan
memori sampai dengan 16MB
-
Dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host komputer
-
Dapat digunakan untuk multitasking sehingga dapat di-switch antara 1 aplikasi
keaplikasi lainnya.
PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
Pengertian Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah
komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara
langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses
komputerisasi.
Sejarah Perangkat Keras
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS
Alat pengolah data, mulai dari yang sederhana
dapat dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu;
1.Alat manual, menggunakan
alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting
2.Alat mekanik, alat
mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan
3.Alat mekanik elektronik, alat mekanik yang digerakkan oleh motor elektronik
4.Alat elektronik, alat
yang bekerja secara elektronik
Contoh
perangkat keras jaman dulu
Komputer generasi pertama
(1946-1959)
Yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang
menggunakan konsep stored-program (operasi komputer dikontrol oleh program yang
disimpan di memori komputer)
Program dibuat dengan bahasa mesin, yang terdiri dan instruksi-instruksi
angka 0 dan 1 di dalam urut-urutan yang tertentu.
Ciri-ciri komputer
generasi pertama
1.Komponen
yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum tube) untuk
sirkuitnya.
2.Program
hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language)
3.Menggunakan
konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic
core storage.
4.Menggunakan
simpanan luar magnetic tape dan magnetik disk.
5.Ukuran
fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
6.Cepat
panas, sehingga diperlukan alat pendingin.
7.Membutuhkan
daya listrik yang besar.
8.Orientasinya
terutama pada aplikasi bisnis.
Contoh:
ENIAC,HARVARD MARK II ,
III,IBM Selective Sequence Electronic Calculator,EDSAC,ACE,SEC,LEO ,UNIAC
,EDVAC,IBM 701, IBM 650, IBM 705,dll.
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Ciri-ciri komputer
generasi kedua
1. Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk
sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oieh John Bardeen, William
Shockley dan Walter Brattain pada tahun1947.
2.Program dapat dibuat bahasa tingkat tinggi (high
level Language) seperti misalnya FORTRAN. COBOL, ALGOL (the Algorithmic
Language)
3.Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan
magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
4.Mempunyai kemampuan proses real-time dan
time-sharing.
·
Real-time dapat dilakukan karena
menggunakan simpanan luar yang sifatnya direct access, seperti misalnya
magnetic disk, sehingga informasi yang dibutuhkan, seketika dapat dihasilkan.
·
Time-sharing memungkinkan
beberapa pemakai menggunakan komputer secara bersama-sama dan komputer akan
membagi waktunya (time-sharing) untuk tiap-tiap pemakai.
5.Ukuran fisik komputer lebih kecil dibanding komputer generasi pertama
6.Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
7.Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
8.Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi
teknik
Contoh:
PDP-1, PDP-5, PDP-8, IBM 401, IBM 1602, IBM 7094, UNIVAC III,
UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burrough 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1600,NCR 300,
Honeywell 400, Honeywell 800, CDC 1604, CDC 160A, GE 635, GE 695, GE 200.
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Ciri-ciri
komputer generasi ketiga
1.
Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk
hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits.
·
Hybrid integrated circuit atau Solid Logic Technology (SLT) adalah transistor
dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam, satu tempat.
·
Monolithic integrated circuits atau Monolithic System Technology (MST) adalah
elemen-elemen sirkuit (transistor, resistor dan dioda) semuanya diletakkan
bersama-sama dalam suatu chip.
·
MST lebih kecil tetapi mem punyai kemampuan yang lebih besar dan LST.
2.Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir
10000 kali dan komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah
microseconds (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard
operasi perdetik).
3.Kapasitas memori komputer lebih besar; dapat
menyimpan ratusan ribu karakter.
4.Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random
access (dapat mengisi record data secara random), yaitu disk magnetik yang
berkapasitas besar (jutaan karakter).
5.Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan
komputer generasi sebelumnya.
6.Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu
dapat memproses sejumlah data dan sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan
dan multiprogramming yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
7.Pengembangan dari alat input-output yang
menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan
grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca
tinta magnetik yaituMICR(Magnetic Ink Characters Recognition) reader.
8.Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu
komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.
Contoh :
IBM S/360, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, 6700, 7700, NCR seri Century, GE
600, GE 235
CPC 3000, 6000, 7000, PDP-8, PDP-11
Komputer Generasi Keempat (Sejak Tahun. 1910)
Ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai
komputer generasi keempat,
Ø
Pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau
disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan
pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. lstilah chip
digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat
rangkaian- rangkaian terpadu (integrated circuits), LSI kemudian dikembangkan
menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
Ø Yang
kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprocessor
dari semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer
Contoh:
IBM 370, Microprocessor 4004 (Intel), Komputer mikro Altair (8080),
Komputer Cray-1 (Supercomputer), Apple II, Radioshack, Commodore, Altos, Atari,
Casio, Compaq, Corona, Epson, Hewlett-Packard, Wang, Xerox
Komputer Generasi
Kelima
· Komponen yang dipergunakan adalah VLSI (Very Large Scale
Integration). Disamping VLSI, juga sedang dilakukan pengembangan terhadap
Josephson Junction, teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan chip.
· Josephson Junction mempunyai kemampuan memproses trilyun
operasi perdetik, sedang teknologi chip hanya dapat memproses milyard operasi
perdetik.
· Bila berhasil, komputer generasi kelima akan dapat
menterjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan
komputer, penghematan energi komputer, dapat melakukan diagnosa penyakit yang
lebih akurat dan lain sebagainya.
A.Pemahaman Komponen Perangkat Keras
. Input Device
Input device adalah unit yg
fungsinya sebagai media untk memasukkan data dari luar kedalam suatu
memori dan processor untk diolah guna menghasilkan informasi yg
diperlukan. Input devices yg umumnya digunakan pada computer
(PC) adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner
dan lain-lain.
- Keyboard fungsinya memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.
- Mouse fungsinya untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta menjalankan peritah klik kiri dan kanan.
- Touch pad fungsinya yg sama dengan mouse namun memiliki bentuk yg berbeda yaitu berupa bantalan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada di laptop.
- Joystick fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol – tombol yang ada pada perangkat, biasanya di gunakan untk bermain games pada komputer.
- Scenner fungsinya sama seperti mesin fotocopy hanya saja berbeda hasilnya jika mesin fotocopy dapat dilihat di kertas sedangkan scenner dapat dilihat di layar monitor.
2. Process Device
Unit ini fungsinya untuk mengolah data
yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan
dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.
- Power supply (PSU) berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.
- Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
- Prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi Anda.
- RAM (Random Access Memory) fungsinya sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
- Vga card (kartu grafis) fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
3. Output Device
Output device adalah
perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang
dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya
bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat
berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg
termasuk dalam output device.
- Monitor fungsinya menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
- Printer fungsinya untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
- Speaker adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.
4. Storage Device
Storage atau biasa juga disebut memory
adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya
seperti hardisk, fleshdisk, cd dan lainnya yg fungsinya sebagai media
penyimpanan data.
B.
Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
~ Evolusi Perangkat Lunak
Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak,
kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak. Pengembangan
perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama
dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak
pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software
terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai
pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan
perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software
sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada
perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer
Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap
kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi
dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari
banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang
diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang
beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga,
dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan
perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah
menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari
komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era
ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain
itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian
jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat
dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah
mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam
hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. TIngkat
kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau
software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.
Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan,
sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel
sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman
sudah berorientasi obyek (OOP).
~
Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software dapat diklasifikasikan
menjadi 4 macam yaitu:
- Sistem Operasi (Operating System)
- Program Aplikasi (Application Programs)
- Bahasa Pemrograman(Programming Language)
- Program Bantu(Utility)
- Sisitem Operasi ( Operating System)
Sistem opersi yaitu program yang
berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur
kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan
lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User)
dengan perangakat keras (Hardware) dan perangkat lunak(Software) yang
digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
- Menyimapan program dan aksesnya.
- Membagi tugas didalam CPU.
- Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
- Merekam sumber-sumbeer data.
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan menadapatkan data.
- Memeriksa kesalahan sistem.
- Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
- Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi(password) dan penggunaan ID. Contoh sistem operasi, misalnya: Disk Operating System(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Program Aplikasi
(Aplicaton Programs)
Proram aplikasi adalah perangkat lunak
yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata,
pengolah lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa Pemrograman (Programing
Utility)
Perangkat lunak bahasa yaitu program
yang di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam
bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar
di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:
- Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa ini di sebut
juga bahsa mesin (Assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode
angka 0 dan 1.
- Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)
Bahasa ini termasuk dalam
bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh pengguna komputer karena
menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
- Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4
GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek
yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic,
Delphi, Visual C++.
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang
berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan
komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan
keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag)
dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
1)
Perangakat
Lunak Sistem
Sistem adalah kumpulan elemen berhubungan yang
merupakan suatu kesatuan. Dari bahasa Latin dan orang Yunani, istilah “sistem”
diartikan sebagai mengabungkan, untuk mendirikan, untuk menempatkan bersama.
Suatu sistem biasanya terdiri komponen (atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran
informasi materi informasi, HYPERLINK “http://id.wikipedia.org/wiki/Materi”
materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk
menggambarkan suatu setentitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa
dibuat.
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik
yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol
perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia
merupakan bagian esensial dari sistem komputer. Sistem operasi adalah suatu
contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh
lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi,
yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan
produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3
macam yaitu :
●
Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di
jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL,
Pascal, C++, FORTRA
●
Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang
pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori
dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi :
DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista , IMB OS/2, Apple’s System 7
●
Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi
tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting),
memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk
(partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Bagian Perangkat Lunak Sistem
control program
suport program
developmen program
2)
PERANGKAT
LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat
banyak di jumpai dan terus berkembang.
Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di
kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel
(Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
Pada perkembangan pemroses kata, tabel
dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh
aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata),
Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
Aplikasi
multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik
berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk
menonton film atau VCD.
Aplikasi
internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan
messenger.
Aplikasi
yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti
AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab
(pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Jenis
Perangkat Lunak Aplikasi
● Dapat
dibagi ke dalam dua jenis: perkakas dasar (basic tools) dan perkakas lanjutan
(advanced tools)
● Perangkat
lunak perkakas dasar adalah program komputer yg banyak terdapat di kantor dan
kampus, termasuk: word processings, spreadsheets, database management,
graphic programs, communication programs, integrated programs, groupware,
software suites, dan desktop accessories yang diperlukan dalam
sejumlah pekerjaan, termasuk: desktop publishing, project management, dan
computer-aided design/manufacturing (CAD/CAM)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar