Kamis, 11 Oktober 2018

Sejarah Perkembangan SI/TI



BAB 1
A.   Sejarah SI/TI
Sistem Informasi merupakan sekumpulan perangkat keras, perangkat lunak, brainware, prosedur dan aturan yang di organisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk memecahkan dan mengambil keputusan.
Sejarah dan Perkembangan Sistem Informasi dari masa ke masa di kelompokan jadi 5 kurun waktu(Generasi):
  1. Generasi Pertama(1945-1955)
Generasi awal ini adalah asal perkembangan system komputasi elektronik, dan sudah mengganti gagasan mesin komputasi mekanis. Didalam kehidupan manusia sangat perlu adanya perangkat komputasi agar bisa mengatasi mengatasi keterbatasannya dalam melakukan komputasi, contohnya yaitu:
  • Kecepatan dalam melakukan perhitungan manusia sangat terbatas
  • Manusia sangat gampang membuat kesalahan
Dari masalah diatas maka manusia mengupayakan untuk meningkatkan kemapuan perhitungan sejak awal peradaban manusia.
  1. Generasi Kedua(1955-1965)
Pada generasi kedua ini sudah mulai mengembangkan teknologi yang namanya ‘Batch Processing System’. Jadi pekerjaan-pekerjaan akan dikumpulkan dalam satu rangkaian selanjutnya system akan melakukan pengeksekusian secara parallel. Pada generasi ini juga masih belum ada yang namanya system operasi, namun beberapa fungsi seperti FMS(Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan perangkat keras yang merupakan satu fungsi dari system operasi modern. Pada tahun 1964, perusahaan IBM merilis computer keluarga yaitu system/360, dimana computer ini sudah kompatibel dengan dengan hardware yang merupakan salah satu bagian dari system operasi OS/360.
  1. Generasi Ketiga(1965-1980)
Perkembangan teknologi khususnya di bidang system informasi sangat pesat, dengan bukti adanya system operasi bagi pemakai yang sangat interaktif. User dengan user bisa berinteraksi langsung melalui computer secara online yang telah dihubungkan ke computer yang lain. Pada generasi ini juga sudah banyak teknologi yang bisa digunakan, contohnya yaitu:
  • Multiuser, artinya adalah bisa digunakan oleh banyak orang. Dengan adanya teknologi ini membuat user lebih mudah untuk berkomunikasi dengan user lain melalui computer.
  • Multiprogramming, artinya adalah bisa melakukan banyak program sekaligus pada waktu yang bersamaan. Teknik ini meningkatkan Utility pemroses dengan mengorganisasikan semua tugas, dalam hal ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus di eksekusi.
  • Timesharing, artinya adalah merupakan bagian dari multiprogramming dimana tiap pemakai satu terminal atau online.
  • Spooling, menciptakan peripheral seakan-akan dapat digunakan bersamaan sekaligus pada satu waktu yang sama, dan bisa diakses secara simultan, yaitu dengan cara mnyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan tersebut system akan langsung menerima dan data disimpan terlebih dahulu didalam memori yang disediakan dan selanjutnya akan dilayani oleh peripheral.
  1. Generasi Keempat(1980-2000AN)
Pada generasi keempat ini system operasi tidak hanya digunakan untuk satu metode pengolahan saja namun tetapi telah ditunjukan untuk banyak mode pengolahgan, contohnya ialah mendukung batch processing, timesharing, networking dan realtime application. Pada generasi ini juga kenyamanan dalam mengoperasikan system computer sungguh penting, dan dengan adanya GUI(Graphical User Interface) juga pada generasi ini telah memberikan user interface yang sangat nyaman.
  1. Generasi Kelima(2000AN-Sekarang)
Pada generasi ini munculah computer-komputer modern seperti Laptop atau Notebook


B.   Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang

Sejarah komputer diawali dengan penemuan penting dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya itu, ia dikenal sebagai ilmuwan yang paling berpengaruh dalam perkembangan komputer. Kemudian, alat hitung tersebut dikembangkan lebih lanjut secara bertahap hingga kini terciptalah perangkat canggih bernama komputer. Tahapan dalam pengembangan komputer disebut generasi. Ada lima generasi komputer yang masing-masing memiliki cerita tersendiri.

      Perkembangan sejarah komputer telah mengalami masa-masa sulit. Namun, berkat tangan-tangan andal dari para ilmuwan dan teknisi pada waktu itu, perkembangan dari generasi ke generasi terasa begitu mudah dan terorganisir. Komputer terus dikembangkan dengan menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Hingga kini, beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan.

Sejarah Perkembangan Komputer

            Inovasi-inovasi cerdas telah ikut andil dalam perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat. Perkembangan inovasi komputer tersebut terbagi dalam lima generasi. Berikut adalah ulasan tentang sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang, dari generasi ke generasi:
sejarah perkembangan komputer

Komputer Generasi Pertama
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.

Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.

Komputer Generasi Kedua
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.

Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.

Komputer Generasi Ketiga
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.

Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.


C.   Perangkat Komputer
            Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian, yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware). Di dalam 2 Perangkat tersebut, masih terdapat beberapa bagian-bagian. Berikut Penjelasannya :

Perangkat Lunak (Software)

            Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu :

1). Sistem operasi

Gambar Macam Jenis Operating Sistem OSProgram dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

2). Sistem Aplikasi

Gambar Aplikasi Software WindowsPerangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Perangkat Keras (Hardware)

            Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:

1). Keyboard

Gambar Keyboard GamingKeyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

2). Mouse

Gambar Mouse TouchpadMouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

3). Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit)Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.

4). Motherboard

Gambar Mobo MotherBoardMotherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

5). RAM

Gambar Memori RAM GamingRAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.

6). CMOS

Gambar Batrai CMOSCMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.

7). Konektor Casing

Gambar Casing PC KomputerKonektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.

8). Monitor

Gambar Monitor LCD LEDMonitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.

9). Power Supply

Gambar PSU Power SupplySesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

10). Harddisk

Gambar HDD Hard DiskHarddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

11). Kipas (Pendingin)

Gambar Fan Kipas ProcessorKipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. 


D.   Manfaat sistem informasi

Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.

            Sistem informasi manajemen kepegawaian merupakan implementasi E-Government dalam pelayanan di bidang kepegawaian secara transparan dan objektif. Sistem ini selain menyajikan informasi yang terkait dengan kepegawaian, khusus untuk meningkatkan pelayanan di bidang mutasi kepegawaian. Sistem informasi manajemen kepegawaian bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Permasalan yang ada diantaranya adalah PNS yang status kepegawaiannya tidak jelas, hal ini menggambarkan buruknya administrasi kepegawaian yang ada, PNS yang sudah pensiun, meninggal atau berhenti data kepegawaiannya tidak diperbaharui. Data PNS tidak up todate, sehingga jumlah PNS tidak diketahui secara pasti, dan data yang ada saling berbeda, pemutakhiran data tidak berjalan sebagaimana mestinya, baik di instansi, maupun Pemerintah Daerah. Tujuan Sistem informasi manajemen kepegawaian di Lingkup Pemerintahan :
1.     Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
2.   Menyediakan Informasi PNS yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian PNS
3.    Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan
4. Untuk mendukung Sistem Manajemen PNS yang rasional dan pengembangan SDM di Aparatur Pemerintah

Manfaat Sistem informasi manajemen kepegawaian :
1. Pelacakan informasi data seseorang pegawai akan mudah dan cepat.
2. Pembuatan Laporan dapat mudah dikerjakan.
 3. Mengetahui Pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala
 4. Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian
5. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat
6. Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya 7. Merencanakan Kebutuhan Pegawai (Neraca Kebutuhan Pegawai )


BAB 2

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN PERANGKAT KERAS

Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

            Pengertian Software adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer.

Sejarah Perangkat Lunak.

Perangkat  Lunak Sebelum Komputer Generasi Pertama
Sistem Kode yang Pertama
·         Bangsa Yunani menggunakan signal obor untuk mengirimkan berita dan satu kota ke kota yang lain. Sistem ini disebut dengan polybius telegraph.
·         Ada Augusta merupakan orang pertama yang menulis perangkat lunak, diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine, merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan.
·         1933. Program mekanik yang pertama
·         1945. Kutu yang pertama. Bila komputer tidak bekerja atau suatu program mengalami kesalahan, maka para ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging (mencari kutu), yang dimaksud adalah mencari sebab kesalahannya
Perangkat Lunak Semasa Generasi Pertama
Program dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam machine language (bahasa mesin) yang disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya program tersebut sifatnya unik untuk suatu aplikasi tertentu dan bila akan digunakan untuk aplikasi yang lain, terpaksa harus memprogram sirkuit kembali atau menulis kembali program di dalam bahasa mesin
Perkembangan Perangakat Lunak Sitem Operasi
Paket operasi ataupun program yang dibuat dengan high level language seperti misalnya BASIC, FORTRAN, COBOL, bahasa C dan lain sebagainya, tidak akan dapat dijalankan kalau tidak ada OS atau Operating System (Sistem Operasi) yang mendukungnya. Sistem operasi ini yang akan mengatur semua proses dan sistem komputer. Misalnya program aplikasi yang dibuat dengan suatu bahasa tinggi tertentu, memerintahkan hasil dicetak di printer, maka proses yang melakukannya adalah OS yang akan menghubungi printer untuk mencetak hasil tersebut.
Contohnya:
            ·         1954. Sistem operasi yang pertama kali. Digunakan pada komputer IBM 701.
·         1960. Sistem operasi untuk komputer mini yang pertama kali. OS/360 digunakan untuk semua seri komputer IBM System 360.
·         1969. UNIX. Dibuat oleh Ken Thompson dan diterapkan pada komputer PDP-7. Tahun 1975 UNIX ditulis ulang dengan bahasa C.
·         1970. CP/M(Control Program/Microprocessor). Merupakan OS untuk komputer mikro 8-bit yang mempergunakan microprocessor Z-80 atau Intel 8080. Versi lain: IBM PC DOS.
                      - MS DOS dipergunakan di komputer mikro yang menggunakan microprocessor.
·         1987: IBM Operating System/2. Dengan microprocessor 80386 dan 80386, OS/2 dapat mengamati memori di atas batas 640 KB yang tidak dapat dilakukan IBM PC DOS.
·         Kelebihan OS/2:
                     - Dapat mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan memori sampai dengan 16MB
                     - Dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host komputer
                     - Dapat digunakan untuk multitasking sehingga dapat di-switch antara 1 aplikasi keaplikasi lainnya.

PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
            Pengertian Hardware  adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Sejarah Perangkat Keras

PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS
Alat pengolah data, mulai dari yang sederhana dapat dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu;
1.Alat manual, menggunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting
2.Alat mekanik, alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan
3.Alat mekanik elektronik, alat mekanik yang digerakkan oleh motor elektronik
4.Alat elektronik, alat yang bekerja secara elektronik

Contoh perangkat keras jaman dulu


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6USPJuel7HG9n3z9QK4SaRyr7XijxWQ8mDNI365NLVu7COLBtSjsZDcrAT9j2b0ih0jm1hsyN4SdCgTKBcf7SqLQF4n-A_FvdRXB_jfY0edougMBbQ24lVzsgPMKEPnfX14crI9y16_Q/s200/03.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNnC0bAaD92bBvl8rMSnV1i_yC7ZMz3CS5GAs8jgOwI2o7WpqbHYgFJOwROVqKBJqF4oujmjtLDHthWRLwSEjTTjRNO9Ce399KzP2L-mDWW5OELL4mDFY4GbEsvc5uQgoKrv94h4EJJNA/s200/01.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1UZXesuY8ntQXrrlMuudpOuOKbBIq1RXzGOOW2glhomaxz_quI4tgCz5e3agu94s0Y-R6caWKRu-ngghexyKJZd9lJ6XnInvgHWZ7yNo2D_iU8YSFNCjvqRr48a8kXkPBWXK4JCpMS1M/s200/02.jpg
  

Komputer generasi pertama (1946-1959)
Yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep stored-program (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer)
Program dibuat dengan bahasa mesin, yang terdiri dan instruksi-instruksi angka 0 dan 1 di dalam urut-urutan yang tertentu.
Ciri-ciri komputer generasi pertama
1.Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum tube) untuk sirkuitnya.
2.Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language)
3.Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
4.Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetik disk.
5.Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
6.Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin.
7.Membutuhkan daya listrik yang besar.
8.Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.
Contoh:
ENIAC,HARVARD MARK II , III,IBM Selective Sequence Electronic Calculator,EDSAC,ACE,SEC,LEO ,UNIAC ,EDVAC,IBM 701, IBM 650, IBM 705,dll.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikjKlXYfJHBXtp1m4YX7GT1faSPSr03Hpadt2f6lF-7OVRFMXEaRAWZ91TnG3IDojPX8bv7-7w6tTj7Br7j7SzoSRHRqr-teJvJgWxfX3J9DWgoMJoQl4BV3Hfj4PmlNjWDrIOg-Stnsk/s200/1.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQD723zwryhokA0PHcmzs3UV2NHKNHG8YselFiCdfb18vIDyBOWPBfWD1mbZh_xarOotWja-ogjfbeAyOMH9IE1IYqK91desAciCmBA-Ri0P4-iSuDtCFmaVajoeTiQCv2N9My5ZI20bE/s200/2.gifhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDaRjvhe3PmdaqCheiCrlpxBc8hBEZyEMnW2PDairHs-DXqkaHZ0Tn3uAh_jQxx50_-ypr13fPkgGl9oqQTaN30UMBmAWXJiZ1Pmnn5OARdKzoyVkhdlK-HaLFVnkWCRSI1kdqbqkANhM/s200/3.jpg

Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Ciri-ciri komputer generasi kedua
1. Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oieh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun1947.
2.Program dapat dibuat bahasa tingkat tinggi (high level Language) seperti misalnya FORTRAN. COBOL, ALGOL (the Algorithmic Language)
3.Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
4.Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing.
·         Real-time dapat dilakukan karena menggunakan simpanan luar yang sifatnya direct access, seperti misalnya magnetic disk, sehingga informasi yang dibutuhkan, seketika dapat dihasilkan.
·         Time-sharing memungkinkan beberapa pemakai menggunakan komputer secara bersama-sama dan komputer akan membagi waktunya (time-sharing) untuk tiap-tiap pemakai.
5.Ukuran fisik komputer lebih kecil dibanding komputer generasi pertama
6.Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
7.Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
8.Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik
Contoh:
 PDP-1, PDP-5, PDP-8, IBM 401, IBM 1602, IBM 7094, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burrough 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1600,NCR 300, Honeywell 400, Honeywell 800, CDC 1604, CDC 160A, GE 635, GE 695, GE 200.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTcYk1v6YGdJtqOQFa-gCF_SLdajrxPJg-yyLvjngMLJmujyESf10lSk9xW1Bw11MaDHW_K36Jta4BpbS_WEMpSUOIF7Czz21RlVzkmyvMJS1X0OmKAiyaoqZDA9Fbf6CVt8asVRdVrg0/s200/4.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNUQ8RaTN766KPrheLJ3ie6EOmXdznxHOMsXmez3v7E5tY7GcQHCseWazm4YPpCvkzHOYvcAcGhlSAoope0zsLt-664sQd8RpFca1FJ6hzDmMeBS5T_5NtAcSCTYnFQZzdyT8GxqSDQUY/s200/6.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0I7EQtJaV1Yyu9KoY8w2yqs7k4u9VXnp6tqalB3jBBHqrCsHTxa7x3sfPVXRq5MoBPQPV9Brr884sVrSwXpeMrOTf3UxRQH3AVGOUivBUNkVbNa-g-miwSpF8bZ7UH06JyuUnSka5umo/s200/5.jpg

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
 Ciri-ciri komputer generasi ketiga
1. Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits.
·         Hybrid integrated circuit atau Solid Logic Technology (SLT) adalah transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam, satu tempat.
·         Monolithic integrated circuits atau Monolithic System Technology (MST) adalah elemen-elemen sirkuit (transistor, resistor dan dioda) semuanya diletakkan bersama-sama dalam suatu chip.
·         MST lebih kecil tetapi mem punyai kemampuan yang lebih besar dan LST.
2.Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000 kali dan komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microseconds (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard operasi perdetik).
3.Kapasitas memori komputer lebih besar; dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
4.Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random access (dapat mengisi record data secara random), yaitu disk magnetik yang berkapasitas besar (jutaan karakter).
5.Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.
6.Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dan sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
7.Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetik yaituMICR(Magnetic Ink Characters Recognition) reader.
8.Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.
Contoh :
IBM S/360, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, 6700, 7700, NCR seri Century, GE 600, GE 235
CPC 3000, 6000, 7000, PDP-8, PDP-11
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlrTAzjnEOW96RR7FGyVFQ9JwsYc65f1m_qICG99rWYPbfoG8V_nTwpSICcERmn-ECZ1iYIc6ximYCIxzz99CuQG2aTdDpR6Xs8VCf4u5KeF0zWDai-QFYrfTv0W2rSl-Ij4c-ZCQpsds/s200/8.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8M4tyP4mFBp9AshlpmXwwfmml4eYIUqrA0SVG4YP3mCSSMVyTz_P5Hm4g95dOmx8TLTr8XPvS-WFjDnHQAZ04dPdITeEHsvJ4j_IeLfXz5C50b6j8lEtdE75zjG6DXsqxLYS51zKJxTg/s200/7.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCvOuBb74LxQ8ua1-dSAt0if1hJKbhfsrRJ1BoZdhPZUH66_JLU3uFaROqzexcY4-Nwn5qV4QaLst436LhoEp9FRiVvSCmRvJvS29dGSgH1D5Ae8vsfKt8aGsKDMyR4p896fQDa2b4-L0/s200/9.jpg

Komputer Generasi Keempat (Sejak Tahun. 1910)
          Ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat,
Ø     Pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. lstilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian- rangkaian terpadu (integrated circuits), LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
Ø   Yang kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprocessor dari semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer
Contoh:
IBM 370, Microprocessor 4004 (Intel), Komputer mikro Altair (8080), Komputer Cray-1 (Supercomputer), Apple II, Radioshack, Commodore, Altos, Atari, Casio, Compaq, Corona, Epson, Hewlett-Packard, Wang, Xerox

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOQ234qOdFGyE8SrIHax4sQhAD0RDiLRLP09scKyW3fiZ5UYwWsjwaz467bpIDbSiJPHDxjx-MubGGy-gazQby9YfFoBRUtgpDhRJLMOrGUUIXM_IrRRXX_lH5XcouuRZytSg0qSYQAqg/s200/11.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCWPZFkCNH-GtPBRIWXbea0YFpYzKodXrEjRcWfhOpUQiwoMJhQQbR9T35V8DDPVJqk1r70LbtIDIq_xHfnfHTYm7xgnwe5PbkAXFT-eav0aznwhkeBRLyeHj7M21m8Y3kacm1S6WXZSc/s200/10.jpg

Komputer Generasi Kelima
   ·  Komponen yang dipergunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Disamping VLSI, juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction, teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan chip.
   ·   Josephson Junction mempunyai kemampuan memproses trilyun operasi perdetik, sedang teknologi chip hanya dapat memproses milyard operasi perdetik.
   ·  Bila berhasil, komputer generasi kelima akan dapat menterjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer, penghematan energi komputer, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya.


A.Pemahaman Komponen Perangkat Keras

. Input Device

Input device adalah unit yg fungsinya sebagai media untk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untk diolah guna menghasilkan informasi yg diperlukan. Input devices yg umumnya digunakan pada computer (PC) adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner dan lain-lain.
  • Keyboard fungsinya memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya. 
  • Mouse fungsinya untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta menjalankan peritah klik kiri dan kanan.
  • Touch pad fungsinya yg sama dengan mouse namun memiliki bentuk yg berbeda yaitu berupa bantalan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada di laptop.
  • Joystick fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol – tombol yang ada pada perangkat, biasanya di gunakan untk bermain games pada komputer.
  • Scenner fungsinya sama seperti mesin fotocopy hanya saja berbeda hasilnya jika mesin fotocopy dapat dilihat di kertas sedangkan scenner dapat dilihat di layar monitor.

2. Process Device

Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.
  • Power supply (PSU) berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.
  • Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
  • Prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi Anda.
  • RAM (Random Access Memory) fungsinya sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
  • Vga card (kartu grafis) fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.

3. Output Device

Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam output device.
  • Monitor fungsinya menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
  • Printer fungsinya untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
  • Speaker adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.

4. Storage Device

Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti hardisk, fleshdisk, cd dan lainnya yg fungsinya sebagai media penyimpanan data.


B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak

~ Evolusi Perangkat Lunak

Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak.  Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.  Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user.  Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi.   Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.  Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun  1970 sampai awal tahun 1990.  Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.  Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.  TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.  Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).


~ Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam yaitu:

  • Sistem Operasi (Operating System)
  • Program Aplikasi (Application Programs)
  • Bahasa Pemrograman(Programming Language)
  • Program Bantu(Utility)
  1. Sisitem Operasi ( Operating System)
    Sistem opersi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
  • Menyimapan program dan aksesnya.
  • Membagi tugas didalam CPU.
  • Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
  • Merekam sumber-sumbeer data.
  • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan menadapatkan data.
  • Memeriksa kesalahan sistem.
  • Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
  • Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi(password) dan penggunaan ID. Contoh sistem operasi, misalnya: Disk Operating System(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
     2.  Program Aplikasi (Aplicaton Programs)

   Proram aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, pengolah lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

    3. Bahasa Pemrograman (Programing Utility)

    Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:
  • Bahasa tingkat rendah (Low Level Language) 
          Bahasa ini di sebut juga bahsa mesin (Assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
  • Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)
       Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
  • Bahasa generasi keempat (4 GL)
          Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.

     4. Program Bantu (Utility)

         Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.


1)         Perangakat Lunak Sistem
Sistem adalah kumpulan elemen berhubungan yang merupakan suatu kesatuan. Dari bahasa Latin dan orang Yunani, istilah “sistem” diartikan sebagai mengabungkan, untuk mendirikan, untuk menempatkan bersama. Suatu sistem biasanya terdiri komponen (atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi materi informasi, HYPERLINK “http://id.wikipedia.org/wiki/Materi” materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu setentitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer. Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.

Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
● Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRA
● Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista , IMB OS/2, Apple’s System 7
● Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Bagian Perangkat Lunak Sistem
 control program
 suport program
 developmen program


2)              PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang.
 Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
 Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
 Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
 Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
 Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
● Dapat dibagi ke dalam dua jenis: perkakas dasar (basic tools) dan perkakas lanjutan (advanced tools)
● Perangkat lunak perkakas dasar adalah program komputer yg banyak terdapat di kantor dan kampus, termasuk: word processings, spreadsheets, database management, graphic programs, communication programs, integrated programs, groupware, software suites, dan desktop accessories yang diperlukan dalam sejumlah pekerjaan, termasuk: desktop publishing, project management, dan computer-aided design/manufacturing (CAD/CAM)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar