Jumat, 08 Mei 2015

bab 12

Pada akhir tahun 1960 pengembangan organisasi dilaksanakan dalam organisasi melalui konsultan, tapi relatif tidak dikenal sebagai teori praktek dan tidak memiliki definisi yang umum di kalangan praktisi. Richard Beckhard, otoritas pada pengembangan organisasi dan manajemen perubahan, mendefinisikan pengembangan organisasi sebagai “upaya, terencana, organisasi-lebar, dan dikelola dari atas, untuk meningkatkan efektivitas organisasi dan kesehatan melalui intervensi terencana dalam proses organisasi, menggunakan perilaku-ilmu pengetahuan (Beckhard 1969).

Pengembangan organisasi dikenal sebagai bidang kedua ilmu terapan perilaku difokuskan pada pemahaman dan mengelola perubahan organisasi dan sebagai bidang kajian ilmiah dan penyelidikan. Ini adalah interdisipliner di alam dan mengacu pada sosiologi, psikologi, dan teori-teori motivasi, pembelajaran, dan kepribadian.

Pengembangan organisasi (OD) adalah disiplin profesional dengan fokus pada memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dalam organisasi untuk memenuhi tujuan strategis dan taktis. Fokus yang diarahkan pada kinerja orang: individu, kelompok dan tim yang berbeda dari modal atau aset lainnya di pembuangan organisasi.

Pengembangan organisasi adalah alat penting dalam mengelola dan merencanakan pertumbuhan perusahaan. Ketika sebuah perusahaan yang terlibat dalam pengembangan organisasi, itu menganalisis proses kerja untuk efisiensi dan akurasi. Inovasi produk memerlukan analisis beberapa jenis informasi untuk menjadi sukses. Pengembangan organisasi sangat penting untuk inovasi produk karena dapat membantu menganalisis setiap elemen pengembangan produk dan membuat metode untuk menggunakannya secara efektif.

Tujuan utama dari pengembangan organisasi adalah:


Manajemen perubahan yang terencana
Meningkatkan motivasi staf dan partisipasi
Menghapus hambatan yang menghalangi pertumbuhan organisasi
Membangun budaya kerja di mana perbaikan terus-menerus dan perubahan adalah “bisnis seperti biasa”
Keuntungan dari pengembangan organisasi.
Pengembangan organisasi membantu organisasi untuk:


Memiliki motivasi, antusias dan setia tenaga kerja
Menyediakan produk dan layanan berkualitas
Meningkatkan profitabilitas, mengurangi biaya dan pemborosan sumber daya
Mempromosikan inovasi dan fleksibilitas
Mencapai kepuasan dan loyalitas pelanggan
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi
Membangun sebuah organisasi berkelanjutan yang memadukan mulus ke lingkungan sekitarnya dan masyarakat
Menggunakan pengembangan organisasi secara efektif akan membantu organisasi menyadari dan mencapai potensi penuh, memungkinkan manfaat maksimal dan kepuasan kepada semua pemangku kepentingan dan pihak yang terlibat dalam organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar